Keuntungan Menggunakan Domain dalam Bisnis

Saat ini, berbisnis menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk menambah penghasilan tambahan maupun sebagai pekerjaan utama. Semakin ke sini, perkembangan bisnis juga semakin pesat. Seperti yang kita ketahui, bukan hal asing lagi jika bisnis yang semula dikembangkan secara konvensional beralih menjadi serba online atau digital.

Berbelanja secara online dianggap lebih mudah dilakukan sehingga pergeseran bisnis konvensional menjadi digital juga terjadi dengan begitu cepat. Namun, bisnis online kurang bermanfaat manakala belum mempunyai situs website. Tanpa website, sebuah bisnis terlihat tidak memiliki etalase untuk menampilkan produk yang ditawarkan.

Jika berbicara perihal buat website, maka akan erat kaitannya dengan domain. Nama unik yang bertujuan untuk mengidentifikasi server komputer pada jaringan internet ini yang membantu pengunjung lebih mudah dalam mengakses situs website bisnis yang dimiliki. Domain memiliki peranan penting dalam bisnis khususnya bisnis online. Berikut akan disampaikan keuntungan menggunakan domain dalam bisnis.

Keuntungan Domain untuk Bisnis

1. Terlihat Lebih Profesional

Saat kita memiliki nama domain sesuai dengan bisnis yang dijalankan, maka bisnis tersebut juga akan terlihat lebih profesional di mata konsumen maupun calon konsumen. Hal ini karena domain dapat mencerminkan suatu brand dan meningkatkan reputasi sebab bukan hanya tersedia di media sosial saja namun juga memiliki situs website. Hal ini dapat menjadi poin tambahan untuk meningkatkan kredibilitas kepada pelanggan. dengan begitu kepercayaan pelanggan pun dapat meningkat.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan terhadap Bisnis

Jika kita tidak membeli layanan hosting dan domain untuk sebuah website, calon pelanggan menjadi tidak yakin dengan bisnis yang dimiliki. Dengan memiliki katalog produk yang dijual pada website, pelanggan akan lebih percaya pada bisnis kita. Selain itu, produk yang ditawarkan pun dapat turut meningkat kualitasnya.

3. Menambah Brand Awareness terhadap Bisnis

Menggunakan nama domain dapat meningkatkan brand awareness dari produk yang kita tawarkan. Website yang memiliki domain tepat, mudah dicari, dan tidak memiliki kesamaan dengan yang lain akan membuat pelanggan dengan mudah mengingat produk yang kita miliki. Saat mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan cara tersebut, maka akan mudah juga untuk menyebarluaskannya. Pelanggan setia kita hanya perlu memberikan alamat website milik kita kepada rekan-rekannya untuk direkomendasikan.

4. Menciptakan Image Unik

Sebuah bisnis seharusnya unik dan memiliki ciri khas tersendiri untuk membedakan dengan milik orang lain. Menggunakan nama domain dapat menciptakan image unik untuk brand yang kita miliki. Nama domain yang tidak akan sama antara satu dengan lainnya dapat mengurangi persaingan dan menonjolkan kelebihan dari bisnis yang kita miliki.

5. Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari

Umumnya, sebelum membeli sebuah produk, calon pembeli akan mencari tahu informasi terkait produk ataupun review dari orang-orang yang lebih dulu menggunakannya. Orang-orang ini akan mengetikkan beberapa kata kunci di mesin pencari lalu muncullah beberapa website yang akan mereka pelajari lebih lanjut. Dalam hal ini, penggunaan domain berpengaruh untuk membantu bisnis yang dijalankan menempati peringkat tertinggi di mesin pencari.

6. Menarik Pelanggan Lebih Banyak Lagi

Saat sebuah bisnis mampu mendapatkan kepercayaan pelanggan, maka secara otomatis jumlah pelanggan yang akan membeli produk juga akan semakin banyak. Terlebih jika website yang dibangun memiliki trafik tinggi atau banyak memiliki pengunjung, maka sangat mungkin untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui trafik tersebut. Selain melalui trafik, dapat juga memasang iklan. Namun sekali lagi perlu diingat bahwa website yang bisa dimonetize hanyalah website yang membeli web hosting serta domain sendiri.

7. Memudahkan Mobilitas Bisnis

Pada suatu kesempatan, mungkin kita ingin bermigrasi pada layanan penyedia hosting yang lain. Namun dengan menggunakan domain, website yang kita miliki akan tetap dan tidak perlu dilakukan perubahan. Namun, jika nama domain yang kita miliki bukan atas kepemilikan sendiri dan masih menggunakan penyedia hosting web gratis, maka sebaiknya perlu dipertimbangkan lagi. Hal ini karena ketika kita berpindah hosting web lain atau berpindah kemanapun, maka diperlukan nama domain baru dan domain serta website yang lama tidak dapat digunakan kembali.

Itulah tadi beberapa keuntungan menggunakan domain untuk keperluan bisnis. Perlu diketahui bahwa Jetorbit juga menyediakan layanan domain murah yang bisa membantu meningkatkan performa website Anda.