Pekerjaan Sales Consultant dan Tugasnya Sebelum Melamar

Mungkin sebagian masyarakat pernah mendengar pekerjaan Sales Consultant. Namun sayangnya, tak banyak yang tahu mengenai pekerjaan yang dinilai memiliki posisi strategis di sebuah perusahaan.

Karena perannya yang sangat penting, banyak perusahaan yang mencari Sales Consultant. Nah, bagi yang tertarik dengan pekerjaan ini, ada baiknya untuk memahami seluk beluk tentang Sales Consultant dan apa saja tugasnya. Perhatikan pembahasan lengkapnya berikut:

Apa Itu Sales Consultant?

Dalam dunia bisnis, Sales Consultant merupakan profesi yang memegang peranan penting dan dicari oleh banyak perusahaan. Seorang sales consultant memiliki posisi strategis yang mana menjadi penghubung antara perusahaan dan konsumen.

Yang dimaksud dengan Sales Consultant itu sendiri merupakan profesi yang tugas utamanya adalah membantu memasarkan jasa atau produk yang dibuat oleh perusahaan.

Selain itu, Sales Consultant juga diartikan sebagai orang yang terlibat dalam upaya peningkatan penjualan perusahaan. Pekerjaan Sales Consultant dalam banyak kasus biasanya dilakukan secara mandiri atau menjadi bagian dari tim pemasaran atau penjualan.

Seseorang dengan profesi ini harus bertindak sebagai penasihat dalam pemasaran produk atau jasa perusahaan kepada konsumen.

Mungkin untuk menjadi sales consultant, kamu bisa cari lowongan part time nya di part time jobs near me.

Tugas Sales Consultant

Yang menjadi tugas utama dari pekerjaan Sales Consultant adalah meningkatkan penjualan jasa atau produk perusahaan dengan cara menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan potensial atau calon konsumen.

Untuk melakukannya, maka Sales Consultant harus mengetahui permintaan pasar untuk memastikan bahwa jasa atau produk yang ditawarkan tersebut memenuhi kebutuhan konsumen. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai tugas-tugas Sales Consultant:

1. Meningkatkan Penjualan Produk

Untuk meningkatkan angka penjualan, konsultan penjualan mencari calon pelanggan sebanyak mungkin untuk kemudian melakukan proses penjualan produk atau jasa kepada konsumen.

2. Memberikan Rekomendasi Produk

Sebagai seorang sales consultant, sudah selayaknya memberikan produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggannya.

Sehingga, sangat penting untuk memahami penjelasan mengenai produk serta manfaat yang dibawanya. Sales Consultant harus selalu update pengetahuan dari berbagai layanan dan produk perusahaan.

Pengetahuan itu kemudian digunakan untuk promosi produk dan layanan yang dijual. Promosi ini dilakukan untuk membangkitkan minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan, biasanya dijelaskan mengenai keuntungan dan penawaran yang menarik.

3. Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Pekerjaan Sales Consultant bertanggung jawab untuk menjaga relasi baik dengan pelanggan. Yang harus dilakukan adalah mendekati pelanggan potensial dan berkomunikasi dengannya melalui email, telepon, maupun secara langsung.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan penjualan dan memahami kebutuhan pelanggan. Sehingga apabila komunikasi ini terjalin dengan baik, maka penjualan dapat semakin ditingkatkan.

4. Menganalisis Pasar

Strategi peningkatan penjualan bisa juga dilakukan dengan melakukan riset atau analisis pasar. Langkah ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan memahami kebutuhan serta permintaan pasar. Tak lupa juga dengan tren-tren yang tengah mewabah.

Dengan begitu produk dan layanan yang perusahaan sediakan sesuai dengan apa yang saat ini dibutuhkan oleh konsumen. Apabila banyak konsumen puas dengan tawaran produk, maka penjualan pun dapat secara otomatis meningkat pula.

5. Mencapai Target Perusahaan

Kiat-kiat atau strategi peningkatan penjualan di atas harus dilakukan oleh seorang sales consultant dalam rangka memenuhi target dari perusahaan. Setiap perusahaan pasti menetapkan target penjualan tertentu untuk produk-produknya.

Untuk mencapai target ini, diperlukan langkah-langkah perencanaan yang tepat. Karena ini yang sangat besar, Sales Consultant mesti memiliki pedoman penjualan yang terukur.

Tertarik jadi sales consultant? kamu bisa cari lowongan kerjanya di TrustJobMy.

Demikian informasi mengenai pekerjaan Sales Consultant dan tugas-tugasnya. Ini merupakan pekerjaan yang penting, sebab Sales Consultant memegang kunci pemasaran produk. Sehingga, baik buruknya pemasaran dari suatu perusahaan salah satunya tergantung pada Sales Consultant.