Fitur Toyota Safety Sense, Apa Saja?

Toyota Safety Sense merupakan teknologi keselamatan yang dirancang oleh produsen mobil Toyota guna melindungi keselamatan para pengemudi dan penumpangnya. Semua fitur di dalam Safety Sense ini akan membantu mengurangi potensi kecelakaan atau bahaya selama berkendara.

Untuk menghadirkan fitur keselamatan yang terpadu, Toyota membekali mobilnya dengan berbagai sensor laser dan kamera. Apa saja fitur yang dimiliki oleh Safety Sense dari Toyota?

Mengenal Fitur-Fitur TSS

Berikut ini adalah 7 fitur utama yang terdapat di dalam Safety Sense pada mobil Toyota.

1. Lane Departure Alert (LDA)

LDA memungkinkan mobil membaca garis marka jalan. Jika tidak sengaja keluar dari jalur, maka akan ada peringatan untuk pengemudi agar kembali ke jalur yang seharusnya. LDA juga mampu mengoreksi arah mobil jika peringatan yang diberikan tidak direspons.

Jika memang ingin berpindah jalur, pengemudi bisa menyalakan sein terlebih dahulu sehingga LDA tidak aktif.

2. Pre-Collision System (PCS)

PCS adalah sistem peringatan yang diberikan sebelum terjadinya tabrakan. Ketika ada objek yang berada di bagian depan mobil seperti kendaraan lain atau pejalan kaki dengan jarak tertentu, maka pengemudi akan mendapatkan peringatan.

Peringatan disampaikan melalui panel instrumen dan bunyi alarm. Peringatan ini bertujuan agar pengemudi segera menghentikan laju kendaraan.

3. Road Sign Assist (RSA)

RSA memungkinkan mobil membaca rambu-rambu lalu lintas dan menampilkannya di layar MID atau panel instrumen. Fitur ini sangat berguna ketika pengemudi tidak dapat melihat rambut tersebut. RSA membantu pengemudi agar lebih patuh.

4. Automatic High Beam (AHB)

Ketika sensor laser mendeteksi bahwa jalanan di depan mobil gelap, secara otomatis lampu akan aktif di mode high beam atau lampu jauh. Hal ini dilakukan untuk meningkat visibilitas pengemudi.

Kalau tiba-tiba ada kendaran dari lawan arah, sensor juga akan membaca kemudian mengubah lampu ke mode low beam (lampu dekat).

5. Rear Cross Traffic Alert (RCTA)

Fitur Toyota Safety Sense ini sangat berguna ketika pengemudi sedang mundur atau parkir. RCTA mampu mendeteksi objek atau kendaraan lain yang mendekat dari arah belakang. Fitur ini menggunakan radar untuk membantu pengemudi mengetahui ada objek apa saja di blind spotnya.

6. Adaptive Cruise Control (ACC)

Adaptive cruise control termasuk salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah mobil. Fungsinya tidak hanya mengatur kecepatan mobil di angka tertentu.

ACC juga mampu menjaga jarak mobil dengan objek yang ada di depannya. Pengemudi sangat terbantu dengan fitur ACC ini karena tidak perlu menginjak rem dan gas.

7. Pedal Misoperation Control (PMC)

Terakhir ada fitur PMC yang membantu mengurangi risiko salah injak pedal, khususnya saat parkir. Tidak jarang terjadi kasus tabrakan karena pengemudi menginjak pedal gas yang disangka rem.

Fitur-fitur pada TSS ini memang sangat bermanfaat untuk menjaga keselamatan para pengguna kendaran. Meski sudah dibantu oleh sistem dan sensor, pengemudi juga harus tetap waspada dan berhati-hati.