Jenis Produk AC Ducting di UKUR dan Penggunaan

Jenis Produk AC Ducting di UKUR dan Penggunaan

Dari hari ke hari, penggunaan AC semakin bermakna bagi siapapun. Oleh karena itulah, desain AC ducting pun juga ikut berkembang. Tentu saja, tak lain agar bisa menghasilkan penggunaan yang lebih efisien, baik dari segi energi, material, maupun perawatannya. Ada beberapa jenis produk AC ducting di UKUR yang bisa jadi referensi. Namun, sebelum itu, kenali dulu apa itu AC ducting dan bagaimana sistemnya bekerja.

Apa Itu AC Ducting?

Apa Itu AC Ducting?

AC ducting adalah material yang berfungsi untuk mengalirkan udara dari satu tempat ke tempat lainnya. Sistem kerja dari AC ducting ini mirip dengan sistem pemipaan di plumbing. Pengadaan AC ducting di sebuah ruangan akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Sebagian besar ducting sering digunakan pada instalasi pendingin ruangan yang memakai AC duct split dan AC sentral. Keduanya sama-sama merupakan jenis AC yang hanya bisa dikontrol dari satu tempat saja dan juga tidak mempunyai pengatur suhu sendiri.

Semuanya dikontrol dari satu tempat lalu dibagikan ke ruangan-ruangan lewat ducting AC ini. Oleh sebab itulah, penggunaan AC ducting rata-rata dipakai oleh gedung-gedung bertingkat, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

Untuk membuat pembagian udara tetap merata, Anda harus mencari ducting yang tepat agar lebih efisien dalam penggunaan energi, pemakaian ruang, perawatan, dan tetap memberikan kenyamanan pada pengguna.

Jenis Produk AC Ducting di UKUR

UKUR menyediakan berbagai jenis produk AC ducting yang berkualitas tinggi. Berikut daftar produk ac ducting di UKUR beserta fitur-fiturnya.

1. Central Air Conditioning Systems

Central Air Conditioning Systems

Pertama, ada Central Air Conditioning Systems, merupakan sistem AC yang hanya menggunakan satu unit besar saja untuk mendinginkan udara lalu mendistribusikannya ke seluruh ruangan yang ada di gedung tersebut melalui perangkat ducting.

Sistem seperti ini dikenal lebih efektif mendinginkan bangunan yang berukuran sangat besar, mulai dari rumah bertingkat, pusat perbelanjaan dan gedung kantor yang luas.

Kelebihan dari sistem ini yaitu ia mampu mendinginkan banyak ruangan dalam waktu yang bersamaan dengan suhu yang sama pula.

2. Heat Pumps

Heat Pumps

Heat Pumps, sistemnya bekerja untuk dua fungsi sekaligus yaitu pemanas dan penyejukan. Mekanisme kerjanya yaitu dengan memindahkan panas dari satu tempat ke tempat lainnya. Jadi saat musim panas, sistem ini akan mengambil panas dari dalam rumah lalu membuangnya ke luar. Alhasil, udara di dalam lebih dingin.

Begitupun saat musim dingin, sistemnya bergerak untuk menarik panas dari udara luar lalu dipindahkan ke dalam rumah sehingga ruangan terasa lebih hangat. Jadi, intinya Heat pumps cenderung memakai saluran udara untuk mendistribusikan udara yang telah diolah.

3. Ductless Mini-Split Systems

Ductless Mini-Split Systems

Berbeda dengan sistem sebelumnya, ductless mini split systems justru tidak menggunakan saluran udara atau duct seperti AC ducting pada umumnya.

Jadi, sistemnya terdiri atas unit outdoor dan unit indoor yang dikoneksikan dengan pipa refrigerant. Untuk unit indoor dipasang di dalam ruangan agar menghasilkan udara dingin. Sedangkan, unit outdoor akan mengeluarkan panas dari dalam ruangan tersebut.

Kebanyakan orang menggunakan ductless mini split systems ini untuk mendinginkan ruangan di rumah atau bangunan-bangunan yang tidak mempunyai sistem ducting. Dengan adanya sistem ini, pengaturan suhu ruangan bisa diatur sesuai keinginan.

Itulah beberapa jenis produk ac ducting di UKUR yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendinginkan suhu ruangan di kantor, rumah, ataupun toko.