Cara Kerja Cyber Security dan Manfaatnya

Pernah dengar istilah cyber security? Jika belum, yuk ketahui cara kerja cyber security dan manfaatnya disini.

Besarnya manfaat digitalisasi saat ini membuat pengguna harus lebih berhati-hati dalam menggunakan perangkat digital apapun. Kenapa? Karena kejahatan digital rentan terjadi mulai dari pencurian data, materi dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tak sedikit perangkat digital yang telah dilengkapi dengan cyber security. Lantas, bagaimana cara kerja cyber security?

Cara Kerja Cyber Security

Sebagai alat yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi tindakan kejahatan seperti cyber crime, maka cyber security ini bekerja dengan beberapa langkah berikut, diantaranya:

1. Waspada Adanya Email Asing

Pernah mendapati pesan dalam kotak masuk spam? Ini adalah salah satu cara perangkat digital untuk melindungi akun dari cyber crime.

Pesan yang berisikan serangan malware cenderung punya potensi sangat besar untuk mengambil data-data yang berhubungan dengan privasi. Untuk itulah, dibuat kotak spam.

2. Menggunakan Antivirus

Pemasangan antivirus adalah alternatif untuk kamu yang ingin menjaga keamanan sistem digital yang digunakan pada berbagai perangkat keras.

Pada umumnya, antivirus bekerja untuk memindah sekaligus membersihkan perangkat dari virus dan ancaman kejahatan cyber.

3. Menggunakan Kata Sandi yang Kuat

Seringkali saat membuat akun, kamu akan diminta untuk membuat kata sandi dengan kriteria tertentu, seperti penggunaan simbol, angka, huruf kapital, dan sebagainya.

Tentu saja bukan tanpa alasan, karena ternyata penggunaan kriteria ini untuk mempersulit pelaku cyber crime supaya tidak bisa mengeksploitasi dara dengan mudah ke perangkat.

4. Memperbarui Software

Pembaruan perangkat lunak bertujuan untuk meningkatkan keamanan keamanan sistem digital kamu. Ini karena cyber crime mengambil jaringan komputer dengan cara eksploitasi.

Namun, dengan update sistem keamanan terbaru secara berkala, maka hal-hal semacam ini pun dapat diatasi.

Manfaat Cyber Security

1. Melindungi Produktivitas Pekerja

Nah, biasanya beberapa perusahaan telah dilengkapi cyber security yang kuat. Hal ini untuk menjamin keamanan data karyawan sehingga pekerjaan dapat lebih efektif.

Dikarenakan, apabila tidak menggunakan cyber security, pastinya beberapa pekerjaan menjadi terhalang. Misalnya, adanya serangan digital yang berupa virus yang membuat kinerja komputer lebih lambat yang bisa menurunkan produktivitas karyawan.

2. Melindungi Informasi Pribadi

Informasi pribadi yang dieksploitasi dengan bebas dapat digunakan untuk hal-hal yang merugikan.

Contohnya saja untuk pinjaman online yang sedang marak terjadi, pencurian informasi pribadi, adanya penyerangan terselubung terhadap keluarga, dan masih banyak lagi.

Bahkan, informasi pribadi bisa dimanfaatkan untuk menguras semua uang yang ada di dalam rekening juga, lho.

3. Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Cyber security yang baik akan membuat kepercayaan konsumen lebih meningkat. Sederhananya, saat pelanggan melakukan transaksi di sebuah pusat perbelanjaan. Jika tidak ada cyber security, bisa-bisa semua orang mengetahui pin atm, kata sandi dan sebagainya.

Uji Cyber Security dengan Penetration Testing dan Vulnerability Assessment dari Fourtrezz

Cara kerja cyber security mungkin tidak bisa berjalan dengan maksimal tanpa adanya validasi melalui metode pengujian tertentu. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan penetration testing dan vulnerability assessment dari Fourtrezz.

Penetration testing merupakan sebuah metode uji cyber security yang menggunakan simulasi serangan cyber ke sistem. Sehingga, dapat diidentifikasi apa saja kelemahan dari security yang tidak bisa dideteksi oleh sistem security internal.

Sedangkan, vulnerability assessment bertujuan mengidentifikasi rentan atau tidaknya suatu security saat ada penyerangan. Metode pengujian ini dilakukan dengan memindai sistem atau jaringan digital tersebut.

Meskipun sama-sama untuk mengidentifikasi kelemahan keamanan cyber, tetap saja dari segi cara kerja dan hasilnya akan berbeda. Jadi, kamu bisa pertimbangkan mana yang ingin dipilih. Untuk mencoba metode pengujian diatas, kamu bisa mengunjungi laman website resminya di www.fourtrezz.co.id.

Itulah penjelasan mengenai cara kerja cyber security dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!