5 Trik Cara Mengatasi HP OPPO Coloros Recovery Terbukti Berhasil

Halo sobat Triknya.com semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi trik-triknya teknologi dan digital di Triknya.com! Kali ini Triknya.com akan menjelaskan trik-triknya cara mengatasi hp oppo coloros recovery yang selalu muncul. Bagaimana caranya? Cara mengatasi coloros recovery oppo sangat mudah dilakukan. Namun sebelum kecaranya, ketahui dulu apa itu coloros recovery mode dan fungsi-fungsinya. Coloros recovery mode adalah antarmuka smartphone OPPO untuk mengatasi masalah Android. Fungsi coloros recovery mode berguna untuk mematikan atau merestart hp, menghapus data, memeriksa disk dan termasuk juga menginstal sistem apabila dibutuhkan. Cara mengakses dan membuka coloros recovery mode HP OPPO dilakukan saat HP OPPO mati. Dengan cara menekan kombinasi tombol power dan volume down (bawah) secara bersamaan. Maka akan secara otomatis ditampilkan logo OPPO dan akan masuk pada recovery mode. Sayangnya, banyak pengguna HP OPPO mengalami masalah selalu masuk pada recovery mode. Ketika mencoba keluar dari mode tersebut, maka tidak lama kemudian akan kembali lagi pada color os recovery. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa cara mengatasi hp oppo coloros recovery yang mudah untuk pemula.

Baca Juga : 10 Trik Cara Setting Kamera OPPO A12 Seperti DSLR

CARA MENGATASI COLOROS RECOVERY OPPO

1. Cara Hard Reset pada HP OPPO

Cara mengatasi HP OPPO coloros recovery yang pertama adalah dengan cara hard reset pada hp oppo. Apa itu hard reset? Hard reset berarti mengembalikan pengaturan ponsel kedefault seperti pabrikan melalui mode recovery pada Hp. Berikut caranya:

BELI HP OPPO 1 JUTAAN DISINI

  • Sebelum melakukan hard reset hp oppo, disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu, ditakutkan data hp oppo hilang.
  • Setelah backup data, langkah pertama masuk terlebih dahulu pada ColorOs recovery mode (Tekan dan tahan Tombol Power bersamaan dengan Tombol Volume Down).
  • Apabila sudah berhasil masuk pada recovery mode. Pilih pada opsi bahasa Inggris/English, selanjutnya pilih pada Wipe data.
  • Pilih pada Wipe Data (keep SMS, Contacts, and Photos). Kemudian pilih OK.
  • Tunggu proses selesai. Pada langkah ini sudah sukses dilakukannya hard reset. Untuk mengaktifkan Hp, pilih Reebot, lalu klik OK.
  • Tunggu sebentar proses booting selesai, biasanya tidak membutuhkan waktu lama.

2. Cara Flash Ulang pada HP OPPO

Cara mengatasi HP OPPO coloros recovery yang kedua adalah dengan cara flash ulang pada hp oppo. Apa itu flash ulang? Flash ulang berarti melakukan penginstalan ulang software sistem dengan cara mendownload firmware sesuai tipe Hp yang digunakan. Dan nantinya dilakukan penginstalan ulang atas firmware yang sudah didownload melalui recovery mode. Berikut caranya:

  • Download terlebih dahulu firmware terbaru Hp Oppo dan sesuaikan dengan seri atau tipe yang benar. Untuk menemukannya bisa mengunjungi melalui website resmi Oppo. http://www.oppo.com/id/downloads/.
  • Selanjutnya apabila firmware sudah berhasil didownload, silahkan pindahkan pada penyimpanan Micro SD, dan pastikan diletakan tidak didalam folder alias pada bagian luar agar memudahkan dalam menemukannya.
  • Masuk pada Recovery Mode (tekan dan tahan tombol power dan volume down).
  • Apabila sudah berhasil masuk pada Color Os recovery mode, pilih bahasa Inggris (English).
  • Langkah selanjutnya pilih pada Wipe cache dan data.
  • Untuk proses instalasinya, kalian pilih saja instalasi from sd card dan selanjutnya tinggal cari firmware yang sudah berhasil kalian download tadi.
  • Tunggu prosesnya selesai, biasanya butuh waktu cukup lama.
  • Apabila proses sudah selesai, dan flash ulang sudah berhasil dilakukan. Pilih Reboot untuk menghidupkan Hp Oppo.
Baca Juga : Cara Memindahkan File dari HP OPPO ke Laptop Menggunakan Kabel Data

Dapatkan Informasi CARA MENGATASI HP OPPO COLOROS RECOVERY dengan Follow DISINI

3. Cara Memperbaiki Kerusakan pada Tombol Volume

Cara mengatasi HP OPPO coloros recovery yang ketiga adalah dengan cara memperbaiki kerusakan pada tombol volume. Salah satu penyebab coloros recovery yang selalu muncul adalah adanya kerusakan pada tombol volume. Cara memperbaiki tombol volume adalah dengan mencopot tombol volume down dan apabila diperlukan bisa dengan mengganti dengan tombol volume yang baru. Berikut caranya :

  • Langkah pertama buka terlebih dahulu casing smartphone Oppo.
  • Lepaskan baut yang menempel, disini kita buka pelindung pada komponennya.
  • Lalu lepas baut pada komponen yang pertama.
  • Apabila baut sudah dicopot, kemudian kita ambil komponen yang pertama.
  • Pada langkah kelima perlu hati-hati dalam melakukannya, silahkan lepaskan flexible pada tombol volume.
  • Pencopotan tombol volume sudah selesai, setelah itu pasang semua baut yang sudah dicopot, lalu pasang casing belakang Hp Oppo kembali.
  • Langkah selanjutnya coba hidupkan kembali Hp Oppo.
  • Apabila memang setelah dicopot tombol volumenya, Hp Oppo dapat hidup kembali, langkah selanjutnya ganti tombol volume tersebut dengan yang baru. Untuk mencari komponennya adalah sekaligus bersamaan dengan fleksibel tombol volume.
  • Ketika sudah dicopot, ada kemungkinan Anda kebingungan untuk mengatur volumenya. Apabila mau mengatur keras suara, Solusinya adalah dengan menginstal aplikasi pengatur volume, baik itu berupa gesture pada layar ataupun tombol pengganti volume pada Hp. Namun jika tidak ingin ribet, lakukan penggantian apabila memang tombol volume ini sangat dibutuhkan.

4. Perbaiki HP OPPO Coloros Recovery ke Tukang Service

Cara mengatasi HP OPPO coloros recovery yang keempat adalah perbaiki hp oppo coloros recovery ke tukang service. Apabila ragu dan takut untuk melakukannya sendiri, gunakan jasa perbaikan pada konter. Pastikan orang yang melakukan service memang terpercaya, dalam artian bisa menangani kerusakan seperti ini. Jadi perlu diyanyakan mulai dari kerusakan dibagian apa, lama pengerjaannya kira-kira selesai kapan, dan tidak lupa rentang harga tarif yang dibutuhkan agar memiliki persiapan terlebih dahulu nantinya.

Baca Juga : 10 Trik Cara Menampilkan Jam Ganda di HP VIVO

5. Lakukan Factory Reset

Cara mengatasi HP OPPO coloros recovery yang kelima adalah Factory Reset. Apa itu factory reset? Factory Reset berarti mengembalikan ke pengaturan pabrik melalui menu Pengaturan ketika Hp masih hidup. Jika Anda tidak bisa melakukan factory reset, gunakan jasa perbaikan pada konter.

Itulah cara mengatasi hp oppo coloros recovery. Ada beberapa penyebab selalu masuk ColorOs Recovery pada Hp Oppo. Mulai dari masalah software sistem, terletak pada tombol Volume down dan faktor lainnya. Jika ada pertanyaan mengenai cara mengatasi hp oppo coloros recovery atau ada permintaan pembahasan trik-triknya hp oppo terbaru lainnya bisa kirim pesan ke alamat email triknyacom@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan TRIKNYA.COM seperti pasang iklan, content placement, review produk, promosi produk, backlink dan sejenisnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Tertarik pasang iklan di TRIKNYA.COM? Hubungi triknyacom@gmail.com