Perbedaan Teknik Elektronika dan Teknik Elektro Industri

Perbedaan Teknik Elektronika dan Teknik Elektro Industri

Ada beberapa perbedaan teknik elektronika dan teknik elektro industri yang wajib diketahui. Namun sebelum mengetahui perbedaanya, sebaiknya ketahui dulu pengertian teknik elektronika dan teknik elektro industri.

Apa Itu Teknik Elektronika dan Teknik Elektro Industri?

Umumnya banyak orang mendefinikan dua jurusan ini sebagai satu hal yang sama. Padahal jika ditelisik lebih jauh lagi, dua jurusan tersebut memiliki banyak perbedaan.

Teknik elektronika adalah sebuah bidang teknik yang dipakai siswa dalam mempelajari beberapa ilmu mengenai listrik arus lemah. Selain itu disini juga belajar tentang peralatan semikonduktor, komponen-komponen listri serta metode tepat dalam aplikasiannya.

Listrik arus lemah adalah sebuah arus yang dapat ditemukan dalam sistem kelistrikan kecil. Seperti di radio, televisi, komputer, radio serta beberapa alat elektronik lainnya.

Sedangkan untuk teknik elektro industri adalah jurusan yang fokus pada komponen elektronika dan fokus pada rangkaian alat semikonduktor. Umumnya jurusan ini akan mempelajari kelistrikan dengan arus kuat serta pengoperasian di beberapa alat berat.

Dalam jurusan ini, siswa akan belajar mengenai teknik elektronika industri yang mulai dari rekayasa PLC, pneumatic, mikrokontroller, mikroprocessor, programmbing basis komputer dan lainnya. Sehingga jurusan ini akan berhubungan erat dengan sistem elektronik serta industri di dunia kerja.

Perbedaan Teknik Elektronika dan Teknik Elektro Industri

Teknik Elektro Industri

Teknik Elektro Industri

Ada banyak mata pelajaran yang membahas tentang jaringan listrik kuat. Bahkan untuk cakupan pembalajarannya saja di jurusan ini sangatlah luas. Bahkan hampir semua bidang kelistrikan dan teknologi dipelajari oleh jurusan teknik elektro industri tersebut.

Di dalam mata pelajaran jurusan ini ada beberapa konsentrasi lain, seperti elektronika, instrumen, komputer dan telekomunikasi. Jurusan teknik elektro industri juga dikenal sebagai jurusan SMK elektronika industri.

Meski demikian jurusan ini akan fokus terhadap banyak sekali cakupan ilmu yang ada dalam industri dan perusahaan. Sehingga akana da lebih banyak mata pelajaran yang nantinya dipelajari oleh siswa.

Teknik Elektronika

Teknik Elektronika

Sedangkan pada jurusan teknik elektronika fokus utamanya ada dalam pengembangan serta desain dari komponen elektronika. Hal ini bisa pada perangkat maupun sirkuitnya.

Umumnya jurusan ini hanya akan berfokus pada komponen kelistrikan dengan daya lemah. Sehingga cakupan peralatan yang dapat ditangani siswa cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ini akan berkaitan dengan sistem kendali, perangkat konsumen, peralatan komunikasi maupun alat elektronik kecil lainnya.

Disini siswa akan belajar banyak hal seputar rangkaian listrik, transistor serta IC. Namun sesekali siswa juga akan diajari materi mengenai listrik kuat dengan porsi terbatas.

Hubungi Jayamap.co.id untuk Cetak Map Raport dan Map Ijazah

WhatsApp

Setiap lulusan SMK Elektronika Industri terlepas dari apapun jurusannya pasti akan mendapatkan raport serta ijazah yang menunjukkan capaian pembelajaran siswa. Dalam hal ini pihak sekolah perlu menyediakan map raport terbaik dan berkualitas untuk mendukung citra sekolah dan siswa.

Pihak sekolah bisa mempercayakan semua kebutuhan map raport, ijazah serta lainnya kepada Jayamap.co.id. Jayamap.co.id atau Jaya Map adalah produsen tunggal tempat percetakan raport terbaik yang sudah sejak lama melayani berbagai instansi di seluruh wilayah Indonesia.