Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya

Dulu semua aktivitas masyarakat memiliki keterbatasan dalam akses transportasinya. Terutama dalam jaman kerajaan Dimana aktivitas transportasinya hanya terbatas melalui jalur darat dan laut. Kerajaan Sriwijaya sudah mengenal transaksi dagang yang menggunakan Selat Malaka sebagai jalurnya.

Ada beberapa peran penting Selat Malaka dalam membantu jaringan perdagangan tersebut. Berikut adalah informasi lengkap dari Mejapintar.com:

Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peran Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?

Pastinya Anda sering mendapatkan pertanyaan diatas, atau pertanyaan jelaskan peran Selat Malaka dalam jaringan perdagangan kerajaan hindu budha Nusantara. Jawabannya bisa Anda pelajari dibawah ini.

Sriwijaya adalah salah satu kerajaan yang kaya dan makmur. Salah satu alasan di balik kesuksesan tersebut tentunya tidak terlepas dari peran Selat Malaka. Berikut beberapa alasannya:

1. Penghubung 2 Samudra

Salah satu peran penting Selat Malaka adalah letaknya yang cukup strategis. Selat Malaka memiliki posisi ideal dalam kebutuhan perdagangan antara kerajaan hindu-budha di Nusantara. Sebab Selat Malaka juga menghubungkan dua samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera pasifik.

Letaknya yang cukup strategis tersebut berhasil membuat pelayaran perdagangan jaman dulu berjalan secara lancar. Sehingga hal ini meningkatkan arus perdagangan, mulai dari pengiriman dan efisiensi waktu.

Sampai saat ini Selat Malaka juga menjadi jalur Sutera, yang merupakan jalur pelayaran utama. Hal ini meurpakan jalurperdagangan internasional kuno, yang berasal dari peradaban China. Sehingga lokasinya sangat strategis dalam menghubungkan wilayah timur dan barat.

2. Jalur Utama

Perlu Anda ketahui juga bahwa sejak dulu Selat Malaka menjadi jalur utama pelayaran. Tepatnya sejak abad masehi selatnya dipakai dalam perdagangan antara China Selatan dan India.

tentunya pada masa kerajaan Sriwijaya tersebut ada banyak pedagangan, yang berasal dari banyak negara. Hal tersebut seperti Yunani, romawi. Arab, Persia dan lainnya.

3. Pertukaran Budaya

Pada masa kerajaan Sriwjiaya Selat Malaka juga menjadi tempat pertukaran budaya. Sebab akan banyak pedagang dari negara aisng, yang menetap karena menikah dengan penduduk setempat. Hal ini membuat ada banyak sekali jenis agama, seni, bahasa, teknologi dan sastra.

Itulah jawaban mengapa Selat Malaka mempunyai peranan penting pada masa kerajaan Sriwijaya. Semoga bermanfaat!