Jenis Pompa Ebara dan Keunggulannya

Jenis Pompa Ebara dan Keunggulannya

Pompa Ebara adalah pompa yang digunakan untuk mengalirkan fluida atau cairan dalam jaringan instalasi saluran air minum dan bersih, saluran irigasi, pembuangan limbah, fire fighting, drainase, hingga saluran bahan kimia dan petrokimia.

Pompa Ebara berasal dari Jepang dengan jaringan distribusi hingga ke seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, pompa Ebara diproduksi dan dipasarkan di bawah naungan PT. Ebara Indonesia, produsen pompa air dalam negeri pertama, sejak tahun 1980.

Pompa Ebara memiliki kualitas unggul, daya tahan yang baik, dan kinerja dalam mengalirkan fluida yang lancar. Karena itu, banyak industri memilih pompa Ebara sebagai solusi saluran air.

Terdapat beberapa jenis pompa Ebara yang dibedakan berdasarkan fungsi dan tipenya. Sebelum membelinya, simak artikel berikut sebagai panduan dalam memilih pompa Ebara yang tepat sesuai kebutuhan.

Keunggulan Pompa Ebara

Dilansir dari PT Gajah Unggul Pratama, distributor pompa Ebara resmi, berikut keunggulan pompa Ebara yang membuatnya digemari oleh berbagai industri.

1. Penggunaan teknologi mutakhir

Pompa Ebara dirancang menggunakan teknologi terbarukan, sehingga memungkinkan pengelolaan fluida yang efisien. Desainnya yang ergonomis membuat pompa Ebara fleksibel dan tahan lama.

2. Mendukung proyek pemulihan energi

Sebagai pelaku bisnis, Ebara memproduksi pompa air dengan memerhatikan aspek pemulihan energi dan inovasi berkelanjutan. Salah satunya yaitu dengan merancang beberapa produk pompa yang memanfaatkan tenaga surya dan angin.

3. Efisiensi energi

Dirancang dengan teknologi mutakhir dan material berstandar internasional, pompa Ebara mampu bekerja secara efisien dengan konsumsi daya rendah. Hal ini dapat meminimalisir biaya operasional, sekaligus pengurangan jejak karbon.

4. Mengaplikasian yang fleksibel

Pompa Ebara dirancang untuk dapat diaplikasikan di berbagai industri dan kebutuhan. Baik untuk pasokan air di perumahan dan gedung tinggi, irigasi untuk pertanian, dan proses industri yang kompleks.

5. Awet dan aman

Sebelum dipasarkan, setiap produk pompa Ebara melalui pengujian ketat dan mematuhi standar internasional. Beberapa aspek yang diperiksa, seperti kinerja, spesifikasi, keamanan, dan keandalan. Hal ini untuk memastikan setiap unitnya lengkap dan memenuhi tolok ukur tertinggi.

Jenis-Jenis Pompa Ebara berdasarkan Fungsi

Pompa Ebara dikategorikan menjadi tiga jenis berdasarkan fungsinya, yaitu:

1. Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal Ebara digunakan untuk pemompaan cairan dalam jumlah besar dengan tekanan rendah hingga sedang.

Pompa ini bekerja dengan gaya sentrifugal yang dihasilkan dari impeller yang berputar untuk memompa cairan. Cairan masuk ke dalam pompa melalui lubang hisap, lalu didorong keluar melalui saluran keluar oleh impeller.

2. Pompa Celup

Seperti namanya, pompa celup Ebara dipasang dengan cara dibenamkan ke dalam cairan. Misalnya, di dalam kolam renang.

Pompa celup Ebara efektif untuk memompa cairan yang mengandung padatan. Pompa ini juga kompatibel diaplikasikan untuk mengalirkan air dari ketinggian yang dalam.

3. Pompa Submersible

Pompa submersible mirip dengan pompa celup. Hanya saja, pompa submersible dirancang khusus untuk terendam dalam air secara permanen. Pompa ini dilengkapi motor dan desain yang kedap air, sehingga tetap efektif dalam jangka lama bekerja di dalam air.

Jenis-Jenis Pompa Ebara berdasarkan Type

Sementara berdasarkan tipe atau modelnya, pompa Ebara terdiri dari tujuh jenis, yaitu:

  1. Ebara 3SF: Cocok untuk aliran air panas, pendingin mesin dan AC, chiller, dan supply gedung tinggi.
  2. Ebara DS: Dirancang khusus untuk saluran pembuangan air kotor non limbah.
  3. Ebara DF: Dirancang khusus untuk saluran pembuangan air kotor bercampur plastik dan limbah.
  4. Ebara DML: Dirancang khusus untuk kebutuhan aliran berkapasitas besar (heavy duty)
  5. Ebara SQPB: Cocok digunakan untuk perikanan tawar dan persawahan.
  6. Ebara SQPB Bronze: Cocok diaplikasikan di perkapalan, pertambakan, air laut, dan marine.
  7. Ebara SZ: Cocok sebagai pompa Ebara untuk irigasi.