Trik Cara Melihat Detail Foto yang Dikirim Lewat Whatsapp

Halo sobat Triknya semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi trik-triknya teknologi dan digital di Triknya.com! Kali ini admin Triknya akan membahas seputar trik cara melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp. Bagaimana caranya? Cara melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp cukup mudah, untuk mengetahui informasi data secara detail dari foto atau video yang dikirim lewat WhatsApp, bisa dilakukan dengan cara melihat exif foto dari file WhatsApp. Apa itu exif? Exif adalah singkatan dari Exchangeable Image Format yang biasa digunakan untuk mengetahui metadata dari sebuah foto atau video. Fungsi exif untuk melihat tanggal asli dari foto yang diambil, mengetahui kapan dan dimana lokasi foto diambil, atau bahkan merubah metadata dari foto maupun video. Anda bisa mendapatkan informasi privasi yang penting dari exif seperti Exif atau metadata foto juga termasuk sebuah privasi, karena didalamnya terdapat beberapa informasi penting seperti jenis kamera yang digunakan, titik koordinat dari foto, dan lain sebagainya. Untuk mencari tahu atau membongkar identitas foto lebih detail bisa menggunakan situs website online seperti exif viewer dan exif editor. Selain itu, bisa juga menggunakan sofware seperti JPEGsnoop atau GPEGsnoop untuk mengetahui foto editan atau bukan. Untuk lebih lengkapnya, Triknya.com akan memberikan trik cara melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp dibawah ini.

Baca Juga : 15 Trik Cara Broadcast di WA Tanpa Save Nomor Terbukti Berhasil

CARA MELIHAT DETAIL FOTO YANG DIKIRIM LEWAT WHATSAPP

1. Cara melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp yang pertama dari Triknya.com adalah menggunakan Exif Viewer Online. Exif Viewer Online adalah website online yang menyediakan fitur exif foto. Exif Viewer Online bisa digunakan untuk cek atau melihat detail foto di android maupun iphone. Cara menggunakan situs online melihat detail foto gratis ini sangat mudah sebagai berikut.

  • Buka situs exif-viewer.com.
  • Pilih foto galery dan album foto yang ingin di cek.
  • klik Show exif.
  • Selesai, semua metadata dari foto yang semula tersembunyi akan muncul secara otomatis dengan data yang lengkap.

BELI HP ANDROID 400 RIBUAN DISINI

2. Cara melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp yang kedua dari Triknya.com adalah menggunakan Exif Editor. Exif Editor adalah sofware untuk melihat exif foto terbaik atau aplikasi untuk melihat exif foto terbaik yang bisa digunakan. Keunggulan aplikasi Exif Editor adalah mencari tahu kapan foto diambil, menghapus data exif, atau mengubah lokasi foto yang diambil. Selain itu, informasi detail foto whatsapp seperti kecepatan ISO/sensor, focalt length, mode pengukuran dan masih banyak lagi bisa dilihat dengan mudah.

Baca Juga : 4 Tool Editing 2021: Website Ajaib yang Membantu Pekerjaan Editing

Dapatkan Informasi CARA MELIHAT DETAIL FOTO YANG DIKIRIM LEWAT WHATSAPP di HP mu dengan Follow DISINI

3. Cara melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp yang ketiga dari Triknya.com adalah Software JPEGsnoop. Software JPEGsnoop adalah aplikasi melihat exif foto terbaik lainnya yang bisa dicoba. Keunggulan Software JPEGsnoop berfungsi untuk mengamati sebuah foto secara detail seperti jenis kamera, format kompresi, dan lain sebagainya. Selain itu Software JPEGsnoop bisa mendeteksi atau mengetahui sebuah foto editan atau bukan. Cara cek gambar hoax/palsu gambar whatsapp bisa dengan Software JPEGsnoop dengan foto yang benar-benar asli. Sofware atau aplikasi JPEGsnoop tersedia di laptop atau pc, smartphone versi Android maupun iOS (iphone).

CATATAN DARI TRIKNYA.COM :  Foto hasil screenshot tidak terdeteksi di situs exif.

Itulah seputar trik cara melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp. Sebenarnya cara melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp bisa lewat aplikasi galery dan melihat album foto. Namun, metadata foto di hp yang ditampilkan kurang lengkap, hanya bisa mengetahui resolusi dan tanggal foto diambil saja. Oleh karena itu, penting menggunakan website dan aplikasi untuk melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp. Jika ada pertanyaan mengenai cara melihat detail foto yang dikirim lewat whatsapp atau ada permintaan pembahasan cara melihat detail foto terbaru lainnya bisa kirim pesan ke alamat email triknyacom@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan TRIKNYA.COM seperti pasang iklan, content placement, review produk, promosi produk, backlink dan sejenisnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Tertarik pasang iklan di TRIKNYA.COM? Hubungi triknyacom@gmail.com