7 Trik Cara Memperbaiki Kartu Memori Rusak Tanpa Menghapus Data

Halo sobat Triknya semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi trik-triknya teknologi dan digital di Triknya.com! Kali ini Triknya.com akan membahas beberapa trik cara memperbaiki kartu memori rusak tanpa menghapus data. Bagaimana caranya? cara memperbaiki kartu memori rusak tanpa format sebenarnya sangat mudah. Untuk lebih lebih lengkapnya, yuk simak beberapa trik cara memperbaiki kartu memori rusak tanpa menghapus data dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menggunakan CCTV Micro SD

CARA MEMPERBAIKI KARTU MEMORI RUSAK TANPA MENGHAPUS DATA DENGAN PERINTAH CHKDSK

Apa Itu CHKDSK? CHKDSK adalah alat baris perintah pada Windows yang memungkinkan untuk mengatasi atau memperbaiki kartu MicroSD yang rusak dan mendapatkan kembali akses ke semua file penting didalamnya. Berikut caranya:

BELI MICRO SD 32GB SANDISK ULTRA UP TO 100MBPS DISINI

BELI SANDISK ULTRA MICRO SD 64GB UP TO 120MBPS DISINI

1. Siapkan card reader atau alat pembaca kartu MicroSD di laptop atau komputer.

2. Colokkan atau hubungkan card reader yang berisi kartu MicroSD / SD card ke komputer atau laptop Windows.

3. Tekan tombol windows lalu ketik "cmd" untuk mencari Command Prompt, kamu juga dapat mengklik kotak pencarian dan mengetik "cmd" pada Windows 10.

4. Klik kanan pada Command Prompt, lalu pilih Run as Administrator.

5. Ketikkan chkdsk /X /f sd_card_letter: atau chkdsk sd_card_letter: /f. Misalnya, jika kartu MicroSD ditampilkan pada komputer sebagai drive E, ketik chkdsk /X /f E: atau chkdsk E: /f.

6. Windows akan memeriksa kesalahan kartu MicroSD / SD Card dan memperbaikinya tanpa menghapus data apapun. Proses ini dapat memakan waktu hingga beberapa menit tergantung pada ukuran kartu memori.

7. Jika muncul pemberitahuan "Windows has made corrections to the file system" di jendela Command Prompt, artinya kartu memori telah diperbaiki dan data sudah kembali seperti semula.

Baca Juga : Ruang Penyimpanan Hampir Habis Xiaomi? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Dapatkan Informasi CARA MEMPERBAIKI KARTU MEMORI RUSAK TANPA MENGHAPUS DATA dengan Follow DISINI

CARA MEMPERBAIKI KARTU MEMORI RUSAK TANPA MENGHAPUS DATA DENGAN SOFTWARE RECOVERY TOOL

Software recovery tool atau aplikasi recovery tool bisa digunakan untuk memperbaiki kartu memori rusak tanpa menghapus data. Ada beberapa opsi software recovery tool yang bisa dipilih. Mulai dari gratis hingga berbayar. Beberapa nama-nama software data recovery tool yang populer adalah iSkysoft, Recuva, EasUS, dll.

Itulah beberapa trik cara memperbaiki kartu memori rusak tanpa menghapus data. Perlu digarisbawahi, tidak ada jaminan cara diatas berhasil dilakukan. Proses pemulihan data yang dihapus tentu sangat sulit dan membutuhkan waktu lama. Meski berhasil, tidak semua data bisa kembali seperti semula. Sebelum melakukan cara diatas, kamu bisa mencoba menghubungkan kartu MicroSD dengan semua perangkat dan beberapa sistem operasi komputer. Jika salah satu perangkat dapat membaca kartu memori, segera amankan dengan cara menyalin data file memori ke perangkat tersebut setelah itu baru lakukan format kartu memori. Namun jika memori tidak terbaca,  satu-satunya pilihan adalah dengan memformat atau menghapus data kartu MicroSD. Setelah itu cobalah memulihkan data menggunakan perangkat lunak (software) pemlihan data dari pihak ketiga. Jika ada pertanyaan mengenai cara memperbaiki kartu memori rusak tanpa menghapus data atau ada permintaan pembahasan trik microSD, trik memori dan trik kartu memori hp terbaru lainnya bisa kirim pesan ke alamat email triknyacom@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan TRIKNYA.COM seperti pasang iklan, content placement, review produk, promosi produk, backlink dan sejenisnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Tertarik pasang iklan di TRIKNYA.COM? Hubungi triknyacom@gmail.com