Lebih Optimal dengan Pantau Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan menjadi salah satu hal yang memiliki pengaruh besar terhadap suksesi perusahaan. Kinerja karyawan adalah hasil dari kerja yang dilakukan dengan berkualitas dan memiliki kuantitas tinggi yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Di zaman yang dinamis, kinerja perusahaan akan melibatkan kinerja karyawan yang baik dan efektif sehingga bisa memberikan dampak baik bagi perusahaan. Jika semua dapat dikelola dan dipantau secara efektif dan efisien, maka perusahaan akan mendapatkan hasil kinerja yang optimal agar dapat membangun perusahaan.

Secara sederhana kinerja perusahaan adalah hasil kerja yang menentukan keberhasilan perusahaan. Indikator keberhasilan di sini adalah berhasil atau tidaknya perusahaan mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Perusahaan yang baik tentu saja perusahaan yang memiliki kinerja efektif dan efisien di seluruh bidang. Tidak hanya itu, perusahaan yang baik juga perusahaan yang selalu memantau atau memberikan perhatian lebih terhadap kinerja mereka.

Jika Perusahaan dapat aktif memantau kinerjanya dengan baik, mereka dapat menemukan solusi agar dapat meningkatkan kinerja dan melakukan evaluasi secara tepat untuk kinerja perusahaannya. Apalagi di zaman yang sudah dapat melakukan kerja dimana saja.

Ada beberapa manfaat jika melakukan pengamatan kinerja agar dapat menilai bagaimana kinerja perusahaan sejauh ini. Terutama bagi perusahaan yang masih memberlakukan work from home atau hybrid. Berikut cara yang dapat dilakukan :

1. Tentukan Tujuan Bersama

Perusahaan dapat menentukan tujuan apa yang akan dicapai, sehingga kedepannya perusahaan dan karyawan memiliki motivasi dan pandangan yang sama. Tujuan ini dapat memudahkan karyawan untuk mengukur kinerja karyawan selama ini melalui hasilnya. 

2. Pantau Kehadiran dengan Baik

Karyawan dapat melakukan absensi secara berkala di jam-jam tertentu dan menjelaskan bagaimana progress pekerjaannya sejauh ini. Kehadiran karyawan dapat menentukan bagaimana kinerja dan motivasi mereka. Jika karyawan selalu hadir dan tepat waktu, maka kinerja mereka juga sudah baik.

3. Evaluasi Kinerja Secara Aktif

Perusahaan dapat melakukan meeting atau diskusi dengan karyawan, lalu membahas bagaimana hasil dari kerja karyawan selama ini, apakah sudah mengarah dan sesuai jalur yang sudah dituju. Jika berjalan dengan baik bisa diapresiasi dan jika kurang baik bisa ditanyakan alasan dan latar belakangnya, sehingga bisa menentukan solusi yang tepat.

4. Menggunakan Layanan Internet yang Tepat dan Efisien

Bagi perusahaan yang menerapkan sistem kerja work from home atau hybrid, harus bisa memberikan layanan internet yang baik untuk mendukung kinerja karyawannya. Salah satunya dengan menggunakan SD-WAN yang memiliki nilai performansi tinggi, fleksibilitas serta menawarkan kapasitas data center yang baik karena menggunakan sistem cloud.

Dengan menggunakan layanan yang tepat, perusahaan dapat optimalisasikan semua perusahaan cabang dan lebih fleksibel, perusahaan juga bisa mengontrol QoS sehingga bisa menentukan kebijakan yang efektif bagi perusahaan.

Perusahaan dapat mencoba menggunakan layanan SD-WAN dari Telkom Indonesia, SD-WAN adalah teknologi yang membantu menyederhanakan manajemen dan operasi WAN dengan memisahkan perangkat keras jaringan dari mekanisme kontrol.