Cara Ganti Aki Mobil Alphard yang Benar

Mau ganti aki mobil Alphard? Jika iya, kamu wajib tahu cara ganti aki mobil Alphard yang benar. Umumnya saat aki mobil rusak, kamu akan menggantinya dengan membawa mobil ke bengkel. Padahal, kamu bisa menggantikannya sendiri di rumah asalkan tahu bagaimana caranya. Mengganti aki mobil ternyata cukup mudah tetapi tidak boleh dilakukan sembarangan.

Aki sendiri merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting karena bertugas untuk mengalirkan arus listrik. Jika aki mobil sudah lemah biasanya memiliki tanda-tanda hingga aki benar-benar mati total. Kamu yang ingin mengganti aki mobil sendiri, inilah beberapa cara ganti aki mobil Alphard yang benar.

4 Cara Ganti Aki Mobil Alphard yang Benar

1. Siapkan Kabel Jumper

Langkah pertama untuk mengganti aki mobil Alphard adalah dengan menyiapkan kabel jumper. Kabel ini banyak dijual secara online maupun offline. Setelah menyiapkan kabel jumper, siapkan juga aki cadangan yang akan dijadikan sumber tenaga sementara saat hendak di lepas.

Pasang kabel jumper ini di bagian kepala kutup positif (+) berwarna merah di aki lama dengan kutup positif (+) berwarna merah di aki cadangan. Setelah itu, pasang juga kabel jumper negatif (-) berwarna hitam di kepala aki lama dengan kutub negatif (-) berwarna hitam di bagian bodi mobil, misalnya di fender atau kap mobil. Jika kedua kutub sudah terpasang, kamu sudah bisa melepas kepala aki secara perlahan.

2. Bersihkan Bagian Bawah Aki

Pada saat aki mobil dilepas, jangan langsung memasang aki baru. Sebaiknya bersihkan dahulu bagian bawahnya. Disarankan untuk mengecek juga apakah di bagian dek bawah aki tersebut ada yang keropos atau tidak.

Jika ada yang keropos, kamu bisa melapisi bagian tersebut menggunakan cat yang sebelumnya diamplas agar karat tidak menyebar. Jika sudaha selesai maka aki baru bisa segera dipasang.

3. Kencangkan Kepala Kaki

Cara ganti aki mobil selanjutnya yaitu dengan kencangkan kepala kaki. Apabila aki yang baru terpasang, maka kamu harus mengencangkan mur kepala aki pada kedua kutubnya. Usahkan untuk mengencangkan bagian positif terlebih dahulu lalu kencangkan bagian negatifnya.

Ketika sedang mengencangkannya, jangan sampai kunci bergesekan dengan bagian bodi. Lakukan dengan pelan-pelan agar minim risiko daripada harus terburu-buru tetapi risiko konsletnya sangat besar.

4. Lepaskan Kabel Jumper

Apabila kedua kepala aki kencang, maka kamu bisa melepas kabel jumper. Pertama-tama,  lepas kabel jumper berwarna hitam (-) yang menempel di bagian bodi kendaraan. Setelah itu, kamu baru bisa melepas bagian kabel jumper hitam (-) yang menempel di aki cadangan. 

Lanjutkan dengan melepas kabel jumper berwarna merah (+) yang menempel di kepala aki. Sementara untuk kabel jumper (+) yang menempel aki cadangan bisa dilepas paling terakhir.

Keempat cara yang disebutkan diatas umumnya lazim digunakan pada saat akan melakukan pergantian aki mobil modern seperti halnya pada mobil Alphard. Tujuannya agar tidak menghilangkan memori yang ada pada kelistrikan, seperti head unik, power window, jam dan perangkat kelistrikan lainnya.

Selain itu, cara melepas aki tersebut juga untuk mengurangi risiko gangguan pada ECU ketika melepas aki mobil sepenuhnya. Pernah ditemukan kasus kerusakan ECU atau komputer pada mobil modern sat penggantianaki baru. Agar hal ini tidak terjadi, sebisa mungkin mobil modern yang sudah full elektronik harus menggunakan cara diatas untuk mengganti aki baru.

Apabila tidak memiliki alat seperti aki cadangan ataupun kabel jumper, sebaiknya pergi ke bengkel atau tempat pemasangan aki terpercaya. Sebelum dipasang, kamu bisa membeli aki berkualitas di toko tempat jual aki mobil terdekat.

Nah itulah 4 cara ganti aki mobil Aplhard yang benar. Pemilik mobil Alphard yang ingin mengganti aki mobil sendiri, bisa mengikuti langkah-langkah diatas. Semoga bermanfaat ya!