Menikmati Keindahan Pulau Batam Saat Momen Liburan Sekolah

Batam merupakan salah satu kota di Kepulauan Riau yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Kota yang terletak di dekat Singapura dan Malaysia ini mempunyai panorama alam yang sangat mengesankan. Hal ini membuat Batam sangat layak dikunjungi saat liburan ke Pulau Sumatera, khususnya Kepulauan Riau.

Saat ini rute penerbangan menuju Batam juga cukup banyak. Salah satu maskapai yang memiliki jadwal penerbangan ke kota ini adalah Super Air Jet. Maskapai ini mempunyai beberapa jadwal penerbangan dari kota-kota besar di Indonesia menuju Batam. Buat kamu yang tertarik liburan ke sini, kamu bisa dapatkan tiket Super Air Jet melalui aplikasi Traveloka. Traveloka menyediakan fitur easy reschedule dan refund Traveloka. Fitur ini akan membantu kamu dalam menentukan rencana liburan.

Sebagai daerah yang terdiri dari beberapa pulau, Batam cukup terkenal dengan wisata pantai. Ada banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan di kota ini. Selain pantai, Batam juga memiliki tempat wisata lain yang juga tidak kalah menarik. Apa saja destinasi wisata di Batam? Simak penjelasan berikut!

1. Jembatan Barelang

Salah satu destinasi paling wajib dikunjungi saat liburan di Batam adalah Jembatan Barelang. Jembatan ini menghubungkan pusat Kota Batam dengan pulau-pulau lain yang ada disekitarnya. Barelang merupakan singkatan dari Batam-Rempang-Galang. Terdapat 6 jembatan yang menghubungkan ketiga pulau tersebut.

Jembatan 1 adalah yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk berswafoto di ikon Kota Batam tersebut. Di sini pengunjung juga bisa melihat pemandangan laut yang indah.

2. Pantai Ocarina

Pantai Ocarina berlokasi tidak jauh dari pusat kota. Pantai ini terletak tidak jauh dari Bandara Hang Nadim. Saat liburan sekolah di pantai ini, pengunjung akan melihat banyak kapal feri menuju dan dari Singapura yang hilir mudik.

Di pantai ini juga terdapat banyak permainan seru cocok untuk anak-anak. Terdapat pula saung dan gubuk kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk beristirahat sambil menikmati kesejukan angin pantai.

3. Pantai Melayu

Satu lagi wisata pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Melayu. Pantai ini terletak di Batu Besar, Nongsa, Batam. Pantai ini juga terletak tidak jauh dari Bandara Hang Nadim, berjarak sekitar 7 kilometer. Di pantai ini terdapat banyak resort yang bisa dijadikan tempat untuk staycation bersama keluarga.

Selain di Nongsa, ada satu lagi wisata pantai yang bernama Pantai Melayu. Pantai ini terletak di Pulau Rempang. Di pantai ini kamu akan melihat laut yang berwarna biru dengan ombak yang tidak terlalu besar.

4. Pantai Ranoh

Pantai Ranoh juga merupakan salah satu pantai yang menawarkan pemandangan memukau. Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai ini berlokasi cukup jauh dari pusat kota. Dari jembatan 6 Barelang, kamu harus naik kapal kecil untuk bisa sampai ke pantai tersebut.

Pantai Ranoh menawarkan pemandangan alam yang menyegarkan mata. Hamparan pasir putih yang lembut dan deretan pohon kelapa membuat suasana liburan kamu menjadi lebih menyenangkan.

5. Ex-Camp Vietnam

Tidak hanya wisata pantai, Batam juga memiliki destinasi wisata sejarah, yakni Ex Camp Vietnam. Destinasi ini terletak di Jembatan 6 Berelang. Ex-Camp Vietnam merupakan bekas lokasi pengungsian penduduk Vietnam yang pada tahun 1970an dilanda perang besar. Penduduk Vietnam kemudian mengungsi mencari suaka dengan kapal besar menuju Pulau Galang. Di sini mereka bermukim hingga perang berakhir.

6. Nagoya Hill

Buat kamu yang hobi berbelanja, Nagoya Hill adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Destinasi ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Batam. Kawasan ini memiliki konsep unik yakni konsep one stop travel shopping. Pusat perbelanjaan ini tidak hanya dipadati oleh wisatawan lokal tapi juga wisatawan dari negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

7. KTM Resort

KTM Resort merupakan salah satu akomodasi yang selalu menjadi incaran para wisatawan. Penginapan ini terletak di pinggir Selat Singapura. Saat menginap di sini, kamu akan ditemani oleh pemandangan pantai yang memanjakan mata. Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa menikmati beragam sajian kuliner seafood yang menggugah selera.

8. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Kota Batam juga mempunyai wisata religi popular, yakni Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid ini terletak di Tj. Bantung, Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat unik, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai background foto yang menarik.

Masjid ini cukup kental dengan nuansa Tiongkok. Sebagian besar bangunan masjid catnya berwarna merah dan terdapat pulau ornamen yang bertuliskan huruf Tiongkok.

Demikian beberapa destinasi wisata popular yang ada di Kota Batam. Selain pilihan wisata di atas, di Batam juga terdapat tempat wisata lain yang tidak kalah menarik, seperti Wisata Kuliner Piayu Laut, Pulau Petong, Alun-alun Engku Putri, Telaga Bidadari, dan Taman Wisata Habibie 1000 Tangga.