Tips Memilih Aki Toyota Innova Diesel yang Tepat

Kehadiran Innova Diesel sudah ada sejak tahun 2004 silam dan termasuk jenis mobil generasi pertama. Mobil ini menggunakan mesin Direct Four Stroke yang terkenal irit dan tangguh. Sehingga, aki toyota innova diesel harus sesuai agar kondisinya tetap prima.

Tips Memilih Aki Toyota Innova Diesel

Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, simak tips memilih aki toyota innova diesel yang tepat agar kondisi mesin mobil Anda tetap prima sepanjang hari.

1. Membeli di Toko Terpercaya

Memang, tak sedikit pengguna kendaraan bermobil yang merasa ditipu saat membeli aki toyota innova diesel lantaran tidak amanah.

Agar kejadian serupa tidak terjadi pada Anda, maka sebaiknya beli aki di toko resmi yang sesuai dengan merk kendaraan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan aki yang berkualitas tinggi dan tidak cepat rusak.

2. Memilih Aki sesuai Spesifikasi Kendaraan

Sesuaikanlah aki yang akan dibeli dengan spesifikasi mobil yang dimiliki. Pasalnya, ada banyak aki mobil yang tersedia di pasaran dengan berbagai jenis dan merek.

Jika bingung dan tidak mengerti tentang seluk beluk spesifikasi mobil Anda saat ini, sebaiknya konsultasikan ke bengkel agar menemukan aki yang dibutuhkan.

Hal ini karena tidak setiap mobil memiliki kebutuhan aki yang sama. Contohnya saja, penggunaan aki standar dibutuhkan apabila Anda membutuhkan modifikasi yang tidak terlalu rumit, seperti hanya ingin lampu lebih terang atau penggantian sound systemnya.

3. Memperhatikan Kapasitas Aki yang Digunakan

Tips memilih selanjutnya yaitu dengan melihat kapasitas aki yang dibutuhkan oleh jenis kendaraan Anda. Nah, biasanya setiap kendaraan sudah memiliki aki dengan kapasitas tertentu, baik dari segi ukuran, tegangan, ampere, maupun dimensi.

Terkait informasi ini, Anda bisa menemukannya di buku manual mobil. Jika tidak ada, bisa juga bertanya ke bengkel resmi kendaraan.

Contohnya saja Toyota Kijang Innova Diesel yang kapasitas 2400 cc memerlukan aki toyota innova diesel sebesar 65 ampere. Sementara itu, Toyota Kijang Innova bensin hanya butuh aki sebesar 55 ampere saja.

4. Membeli Aki yang Baru

Apabila Anda memiliki budget lebih, sangat direkomendasikan untuk membeli aki yang baru saja daripada bekas. Hal ini karena ada beberapa pengguna yang justru sering mengalami masalah yang sama saat membeli aki bekas.

Lagi pula, penggunaan aki bekas tak hanya akan dialami oleh pengguna mobil saja, melainkan juga bisa memberikan dampak yang buruk loh untuk lingkungan sekitarnya.

5. Jika Ingin Beli Aki Bekas, Harus Bisa Bedakan dengan Aki Rekondisi

Menurut pendapat salah satu pemilik toko aki, penggunaan aki bekas yang di-recharge masih aman sejauh ini. Isu pemakaian aki bekas yang tiba-tiba meledak bahkan sangat jarang ditemukan.

Anda bisa saja beli aki bekas asalkan kondisinya sedang tidak rusak dengan harganya yang lebih murah dibandingkan aki baru.

Sedangkan, penggunaan aki rekondisi tidaklah direkomendasikan. Aki rekondisi ini artinya aki yang pernah rusak lalu direkondisi dan sudah sering dibongkar pasang.

Ciri khas dari aki rekondisi yaitu terminalnya yang sudah tergores, bagian cover terlihat melengkung, dan warna logo di samping aki sudah pudar atau kusam.

Itulah tips memilih aki toyota innova diesel yang sesuai. Semoga Anda bisa mendapatkan aki dengan performa yang bagus.