Tips ke Pulau Tidung dari Muara Angke

Ada beberapa tips ke Pulau Tidung dari Muara Angke yang bisa dicoba disini. Selain dari Marina Ancol, kamu bisa berlibur ke Pulau Tidung dengan berangkat dari Pelabuhan Muara Angke. Destinasi favorit sejuta umat ini wajib untuk didatangi bersama keluarga, pasangan, ataupun sahabat. Maka dari itu, simak tips ke Pulau Tidung dari Muara Angke.

Tips ke Pulau Tidung dari Muara Angke

Jika dari Muara Angke, kamu harus melewati Pulau Lancang dulu agar bisa sampai ke Pulau Tidung dengan biaya sekitar Rp 54.000. Ikuti panduan dan tips ke Pulau Tidung dari Muara Angke di bawah ini.

1. Menggunakan Kapal Kayu

Salah satu transportasi yang bisa membawa kamu ke Pulau Tidung adalah kapal kayu yang berlayar dari Pelabuhan Muara Angke.

Dengan harga tiket yang lebih terjangkau, tentu saja cukup worth it memiliki kapal kayu sebagai armada ke Pulau Tidung. Kapal ini sama sekali tak ada sistem penomoran bangku sehingga kamu duduk di lesehan kapal yang terdiri dari 2 lantai.

Menggunakan kapal kayu ke Pulau Tidung akan menghabiskan waktu perjalanan hingga 3 jam. Memang cukup lama, tapi kamu akan ditemani dengan pemandangan laut yang indah.

2. Menggunakan Kapal Ferry

Selain kapal kayu, kamu juga bisa memilih transportasi lainnya dari Pelabuhan Muara Angke. Transportasi yang digunakan adalah Kapal Feri yang berangkat dari jam 6 pagi. Jadi, kamu harus berangkat dari rumah lebih awal agar tidak ketinggalan kapal.

Sebenarnya, kalau terlambat pun tidak perlu khawatir karena masih ada jadwal di jam 2 siang. Jadi, kapal yang tadinya berangkat pagi akan kembali lagi ke Pelabuhan Muara Angke.

Waktu tempat perjalanan dengan kapal feri adalah sekitar 2–3 jam. Kamu bisa sampai ke pelabuhan ini menggunakan transportasi umum seperti Bus Trans Jakarta lalu berhenti di Halte Pluit.

Nanti, ada angkot B01 yang bisa dinaiki dan turun di SPBU Muara Angke. Jarak dari SPBU ke pelabuhan sangat dekat. Jadi kamu bisa jalan kaki.

3. Menyiapkan Itinerary yang Lengkap

Berlibur ke Pulau Tidung menjadi lebih lengkap jika sudah menyiapkan itinerary jauh-jauh hari. Sehingga tak ada satupun tempat dan kegiatan seru yang dilewatkan dari Pulau Tidung ini.

Jadwal pun harusnya telah disiapkan mulai berangkat dari rumah hingga kembali lagi. Jika sudah memesan transportasi ke Pulau Tidung jauh-jauh hari, tentu saja harus menyesuaikan dengan jadwal tersebut agar tak ketinggalan.

Berangkat lebih awal adalah alternatif terbaik karena membuat kamu tidak tergesa-gesa. Jikalau sudah tergesa-gesa, biasanya ada saja yang ketinggalan di rumah, entah itu dompet, charger, hp, dan lainnya.

Untuk itu, dengan menyiapkan itinerary yang lengkap, membuat kamu tidak pusing-pusing lagi. Namun, selain itu, siapkan juga berapa biaya yang dikeluarkan untuk setiap kegiatannya.

4. Menyiapkan Uang Tunai

Di Pulau Tidung tidak tersedia ATM atau tempat penarikan uang lainnya seperti BRILink. Ini membuat kamu harus menyiapkan uang tunai lebih banyak dari rumah.

Tujuannya adalah untuk menghindari habisnya uang ketika berlibur ke pulau tersebut. Pastikan menyimpan uang di tempat yang aman di dalam tas karena tak sedikit pengunjung yang mengeluhkan kehilangan uang.

Itulah tips ke Pulau Tidung dari Muara Angke yang bisa kamu coba. Ada banyak jenis paket wisata Pulau Tidung yang menyediakan keberangkatan dari Pelabuhan Muara Angke. Jadi, kamu hanya perlu sesuaikan saja dengan budget.