Contoh Perkembangan Teknologi Perkantoran yang Sering Digunakan

Contoh Perkembangan Teknologi Perkantoran yang Sering Digunakan

Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi gaya hidup seseorang. Namun, ikut berdampak pada semua sektor, salah satunya perkantoran. Adanya berbagai teknologi informasi di kantor sangat mendukung berbagai keperluan kerja, dimana membuat pekerjaan jauh lebih efektif dan efisien.

Contoh Perkembangan Teknologi Perkantoran

Jika masih bingung seperti apa sih perkembangan teknologi perkantoran yang ada saat ini, maka bisa simak penjelasannya di bawah ini.

1. Website

Website

Website adalah teknologi informasi memberikan informasi terlengkap sangatlah dibutuhkan oleh banyak orang. Salah satu platform online yang menyediakan kebutuhan tersebut adalah lokasamasta.com.

Didalamnya dibahas lengkap tentang revolusi pendidikan digital yang saat ini berkembang pesat. Selain itu, juga banyak tips, berita terbaru, hingga tutorial tentang pendidikan digital.

2. Surat Elektronik

Surat Elektronik

Zaman dahulu, apabila kita ingin berkirim pesan antar satu kantor dengan lainnya harus mengirimkan surat via pos dulu. Begitupun saat ingin promosi ke pelanggan harus membuat selebaran terlebih dahulu.

Namun, adanya surat elektronik seperti email membuat pengiriman pesan jadi lebih singkat. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu lama untuk menunggu surat itu sampai. Hanya dengan satu kali klik saja, pesan sudah sampai pada klien.

3. Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi Pengolah Kata

Salah satu aplikasi pengolah kata yang sangat populer digunakan adalah microsoft word. Ini sudah menjadi aplikasinya karyawan di belahan dunia manapun. Ms. word memberikan pilihan penulisan secara elektronik yang dapat memudahkan para pegawai.

Dengan adanya ms. word, kita bisa lebih menghemat waktu daripada harus menulis di selembar kertas. Menulis di aplikasi pengolah kata ini juga bisa menghemat biaya loh.

4. Video Konferensi

Video Konferensi

Beberapa tahun belakangan ini, video konferensi sangatlah marak digunakan karena tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung. Hal ini membuat title dari video konferensi semakin naik daun hingga saat ini.

Video konferensi mempermudah komunikasi tatap muka lewat jaringan online. Jadi, Anda tetap bisa berkomunikasi dengan karyawan lainnya secara virtual. Apalagi, jika ada kantor yang masih menggunakan sistem hybrid, maka teknologi informasi ini sangatlah dibutuhkan.

5. Mesin Kasir

Mesin Kasir

Disebut juga sebagai cash register, ini adalah instrumen teknologi perkantoran yang memegang peran sangat penting. Apalagi, untuk perkantoran yang goal khususnya berada pada profil. Maka, alat ini jadi instrumen paling penting.

Mesin kasir ini diciptakan untuk menyimpan uang yang juga dilengkapi dengan sistem perhitungan elektronik. Sehingga, bisa ditotalkan berapa total pembelian sebuah barang.

6. Komputer Konferensi

Komputer Konferensi

Sama seperti video konferensi, adanya komputer konferensi bisa menghubungkan banyak orang dari berbagai daerah. Jadi, melalui sistem ini bisa terbentuk sebuah jaringan yang dapat menghubungkan banyak orang.

Nah, orang-orang yang sudah terkoneksi ke dalam jaringan ini, maka bisa saling mendistribusikan file ataupun hasil kerjanya. Tentu saja, sangat memudahkan proses pekerjaan.

7. 3D Printer

3D Printer

Ibarat sistem artificial intelligence, 3D Printer bisa meniru sebuah objek tapi dalam versi digital. Setelah itu, bisa dicetak dengan sistem tiga dimensi yang sangat nyata.

3D printer sudah menjadi kebutuhan utama bagi industri modern. Dimana, ia menggantikan rancangan manufaktur manual dalam dunia konstruksi.

Itulah contoh perkembangan teknologi perkantoran yang bisa kita amati secara langsung saat ini. Tanpa disadari, mungkin Anda juga menemukan artikel ini karena adanya dampak dari perkembangan teknologi informasi. Mengingat manfaatnya sangatlah besar, gunakanlah untuk hal-hal yang bermanfaat dan tidak merugikan orang lain.