Cara Reset Oli Civic Turbo yang Benar

Cara Reset Oli Civic Turbo yang Benar

Harga Civic Turbo yang cukup fantastis memang sepadan dengan performanya yang lebih tangguh dibandingkan seri-seri Honda Civic sebelumnya. Menggunakan mesin 1500 cc turbo, Civic generasi ke-11 ini mampu menghasilkan peak power hingga 178 PS di 6.000 rpm, serta torsi 240 nm pada 1700 hingga 4500 rpm. Sehingga tak ayal bila tenaga Civic Turbo adalah yang paling kuat dan besar di kelas mobil sedan medium.

Kelebihan lainnya yang dimiliki Honda Civic Turbo adalah transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology. Teknologi ini memungkinkan perpindahan transmisi dengan lebih halus, performa mesin yang maksimal, serta konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Honda Civic Turbo juga telah dilengkapi fitur peringatan ganti oli. Bila indikator oil life menyala, maka pengguna harus segera melakukan ganti oli sesuai servis berkala. Namun peringatan oil life ini kerapkali mengganggu para pengguna karena akan terus menyala hingga dilakukan ganti oli. Bahkan terkadang lampu indikator tetap menyala meski sudah melakukan pergantian oli.

Munculnya indikator oil life ini menjadi masalah bagi sebagian pengguna Civic Turbo. Sebab seringkali warning muncul saat mobil baru jalan kurang dari 5000/10000 km. Lantas bagaimana solusinya? Yakni dengan reset oil life.

Sepadan dengan harga Civic Turbo yang lebih mahal di kelasnya, pengguna dapat melakukan reset oil life secara manual sendiri. Reset oil life ini dilakukan saat sesudah ganti oli, maupun saat indikator menyala ketika belum mencapai km atau waktu ganti oli. Berikut langkah-langkah reset oil life secara manual.

  1. Pastikan mobil dalam keadaan menyala supaya indikator di spidometer terlihat.
  2. Tekan tombol di spidometer, tahan selama beberapa detik hingga tampilan oil life berkedip-kedip. Kemudian lepaskan tombol.
  3. Lalu tekan dan tahan lagi tombolnya hingga angka di kilometernya menghilang.
  4. Oil life pun berhasil direset.

Meskipun dapat mereset sendiri indikator oil life secara manual, bila mobil sudah mencapai 5000/10000 km, atau sudah mencapai waktunya, disarankan untuk segera melakukan servis ganti oli. Sebab bila terlambat melakukan penggantian oli secara terus menerus, maka akan berdampak pada mesin mobil.

Demikian penjelasan mengenai cara reset oil life pada Civic Turbo. Pastikan untuk tidak terlambat mengganti oli, karena dibanding harga Civic Turbo yang fantastis, harga ganti oli jauh lebih murah untuk menjaga mobil dari kerusakan mesin. Semoga bermanfaat.