Kelebihan Yandex Browser yang Wajib Diketahui

Sudah tahu apa saja kelebihan Yandex Browser? Jika belum, yuk ketahui disini. Browser ini merupakan mesin pencari besutan Rusia. Yandex Browser mungkin terdengar kurang familiar. Sebab, Google Search paling sering menjadi aplikasi bawaan dari berbagai jenis ponsel. Namun ada kelebihan Yandex Browser yang patut dipertimbangkan untuk digunakan.

Mengenal Yandex Browser

Yandex merupakan salah sperusahaan internet asal atu Rusia. Saat ini, mesin pencari tersebut menempati posisi ke-4 sebagai mesin pencari paling banyak digunakan di dunia versi Wikipedia.

Yandex Browser digarap oleh Ilya Sagalovich di tahun 1990-an. Asal kata Yandex sendiri dari singkatan “Yet Another Index-er”.

Fitur Yandex Browser

Tidak hanya berfungsi sebagai mesin pencari saja, tetapi Yandex juga sudah dibekali oleh berbagai fitur unggulannya, seperti:

1. Yandex Translate

Tak kalah dari Google, apabila ingin menerjemahkan bahasa, Yandex sudah membekali fitur translator. Saat ini, sudah ada sebanyak 102 bahasa yang dimiliki oleh Yandex Translator.

Menariknya, Anda juga bisa menerjemahkan bahasa dalam bentuk dokumen, seperti format ppt, xlsx, doc, docx, xls, dan pptx. Maksimal ukuran dokumen yang diperbolehkan hanya 5 MB.

2. Yandex Video

Setiap kali Anda memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan video, maka fitur ini akan melakukan linked ke halaman youtube.

3. Yandex Images

Layaknya pencarian gambar di Google, pengguna bisa mencari foto dan gambar sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan ke kolom pencarian.

4. Yandex Mail

Fasilitas mail yang dimiliki oleh Yandex dinamakan Yandex Mail. Jadi, Anda bisa membuat email dengan alamat @yandex.com. Penggunaan layanan tersebut tidaklah berbayar dengan kapasitas penyimpanannya 10 GB.

Kelebihan Yandex Browser

Meskipun tidak terlalu terkenal. tentu saja yandex browser punya sederet kelebihan yang membuatnya lebih baik dari mesin pencari lainnya. Kelebihan yandex diantaranya adalah:

1. Sudah Tersedia di Berbagai OS

Dulunya, Yandex mungkin hanya baru tersedia untuk OS tertentu saja. Menariknya, perkembangan yang sudah pesat membuat Yandex sudah available di berbagai OS, seperti IOS, macOS, Android, serta Windows.

Perkembangan pesatnya tersebut sudah mulai ditunjukkan sejak dirilisnya berbagai update untuk Windows dan Linux di tahun 2014.

2. Navigasi yang Mudah

Cukup dengan satu tangan saja, Anda sudah bisa mengatur navigasinya sebab posisi address bar berada di bagian wadah. Dengan tampilan antarmuka yang demikian tentu saja mempermudah pengguna dalam menjangkau browsernya.

3. Gratis

Siapa sih yang gak suka dengan produk gratisan. Jadi, Yandex bukanlah aplikasi browser berbayar tetapi bisa didapatkan secara gratis melalui online.

Program tersebut menggunakan Web Blink, dimana secara menyeluruh akan otomatis memeriksa keamanan halaman web beserta file yang diunduh.

Di samping itu, aplikasi tersebut juga telah menggunakan Opera Turbo, dimana kecepatan loadingnya sudah di atas kapasitas. Apalagi digunakan untuk halaman web yang pada dasarnya koneksinya cukup lambat.

4. Menampilkan Informasi yang Sesuai

Saat ini, Yandex Browser sudah dibekali dengan sistem algoritma yang baik. Hal ini membuatnya mampu menghasilkan informasi yang lengkap, tepat, dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

5. Cara Penggunaan yang Mudah

Meskipun Yandex Browser masih terdengar asing, ternyata penggunaannya sangat mudah dimengerti. Bahkan untuk Anda yang masih sangat pemula. Tentu ini bukan tanpa alasan, adanya fasilitas yang mudah dimengerti dan bisa dipelajari dalam waktu yang singkat membuat Yandex Browser banyak diminati.

Itulah kelebihan yandex yang harus diapresiasi. Dengan berbagai fiturnya yang lengkap, Anda tidak akan merasa kebingungan saat memerlukan apapun di Yandex Browser ini. Yuk, buktikan kemudahan aplikasinya sekarang juga.

Sumber : Teknorus Media