9 Perbedaan Intel Celeron dan Core i3, Bagus yang Mana?

Halo sobat Triknya semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi trik-triknya teknologi dan digital di Triknya.com! Kali ini Triknya.com akan membahas perbedaan intel celeron dan core i3. Apa saja bedanya? Intel celeron dan core i3 memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak perbedaan intel celeron dan core i3 dibawah ini.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan MIUI 12

PERBEDAAN INTEL CELERON DAN CORE I3

1. Perbedaan intel celeron dan core i3 yang pertama adalah harga. Harga intel celeron terbaru sekitar Rp 1.040.000. Sedangkan harga intel core 3 terbaru sekitar Rp 1.085.000. Harga intel celeron dan core i3 bisa berubah sewaktu-waktu.

BELI INTEL CELERON DISINI

BELI INTEL CORE I3 DISINI

2. Perbedaan intel celeron dan core i3 yang kedua adalah sejarah kemunculan dan pengertian. Intel celeron adalah hasil dari perang dagang dengan produk prosesor AMD. Celeron disebut mirip Pentium II karena merupakan hasil pengembangan Platinum I. Penyesuaian Cartridge dengan slot 1 yang aktif dengan sistem 66 MHz serta clock internal 266 mencapai 300 MHz. Sedangkan intel core i3 adalah bagian dari Intel Core series i yang dirilis pada 2009 lalu. Prosesor intel core i3 menggunakan hybrid manufacture dengan inti prosesor 32 nm dan memory controller atau graphics 45 nm. Selain itu, Intel dengan kode produk “Arrandale” ini juga akan mengintegrasi GPU di dalam prosesornya.

3. Perbedaan intel celeron dan core i3 yang ketiga adalah ketahanan. Ketahanan intel celeron sangat bagus karena tidak cepat rusak. Intel celeron lebih dingin dibandingkan versi Intel lainnya, yaitu sekitar 90 derajat celcius sehingga tidak akan mudah rusak. Sedangkan ketahanan intel core i3 cepat panas.

4. Perbedaan intel celeron dan core i3 yang keempat adalah daya listrik. Daya listrik intel celeron irit listrik hanya membutuhkan 7,5 Watt saja sehingga akan lebih berhemat daya dibandingkan daya listrik intel core i3.

5. Perbedaan intel celeron dan core i3 yang kelima adalah fitur upgrade. Fitur upgrade intel celeron selalu diperbarui. Meskipun jadul, Intel Celeron masih dikembangkan. Mulai dari dilengkapi dengan processor Quad Core hingga fungsi USB 3.0.

Baca Juga : 10 Trik Cara Setting Kamera OPPO A12 Seperti DSLR

Dapatkan Informasi PERBEDAAN INTEL CELERON DAN CORE i3 dengan Follow DISINI

6. Perbedaan intel celeron dan core i3 yang keenam adalah performa. Performa intel celeron lebih lambat dibandingkan dengan performa Intel core i3. Ini karena intel celeron diciptakan bukan untuk penggunaan berat. Sedangkan performa intel core i3 bisa menjalankan 4 komputer sekaligus dengan fitur Hyper Threading  dan Turbo Boost sehingga bisa meningkatkan kinerja komputer dan membuatnya lebih hemat listrik. Meski begitu, performa core dan thread intel core i3 kurang bagus jika dibandingkan dengan yang dipakai dua seris i sebelumnya, bahkan dengan Core 2 Quad sekali pun.

7. Perbedaan intel celeron dan core i3 yang ketujuh adalah fitur. Fitur intel celeron sedikit dan terbatas dibandingkan fitur intel core i3. Fitur intel celeron yang terbatas ditujukan agar laptop tidak mudah panas, dan tentu saja demi menekan harga sehingg tetap terjangkau untuk kalangan tertentu.

8. Perbedaan intel celeron dan core i3 yang kedelapan adalah game. Game intel celeron tidak cocok untuk memainkan game berat kekinian dengan grafis full HD. Game yang cocok dengan intel celeron seperti GTA SA, Pro Evolution Soccer 2015, Resident Evil 4 dan 5, Naruto Shippuden Ultimate Ninja Revolution, Assassin creed 1,2,3 dan Euro Truck Simulator 2. Sedangkan game intel core i3 dapat mengintegrasikan Graphics On-board sehingga bisa menghasilkan gambar yang jauh lebih berkualitas. Dengan kata lain intel core i3 cocok untuk memainkan game berat.

Baca Juga : Cara Paralel Wifi First Media dengan Router TP Link MR TR 3220

9. Perbedaan intel celeron dan core i3 yang kesembilan adalah penggunaan. Penggunaan intel celeron didesain untuk memenuhi performa pada komputer tingkat low-end, atau perangkat portable dengan harga terjangkau. Biasanya perangkat dengan sistem ini sering dipakai untuk kebutuhan sekolah atau perusahaan bagian administrasi. Sedangkan penggunaan intel core i3 lebih cocok digunakan untuk pengguna yang membutuhkan fungsi lebih dari sekadar mengurus dokumen, browsing, atau menonton film. Untuk Anda yang sering berkutat dengan aplikasi grafis dan editing yang lumayan berat, Intel Core i3 layak dipertimbangkan meski dari segi harga lebih mahal dari Intel Celeron.

Itulah perbedaan intel celeron dan core i3. Jika ada pertanyaan mengenai perbedaan intel celeron dan core i3 atau ada permintaan pembahasan perbedana prosesor komputer terbaru lainnya bisa kirim pesan ke alamat email triknyacom@gmail.com. Atau mungkin ada keinginan untuk kerjasama dengan TRIKNYA.COM seperti pasang iklan, content placement, review produk, promosi produk, backlink dan sejenisnya langsung kontak kami melalui alamat email diatas.

Tertarik pasang iklan di TRIKNYA.COM? Hubungi triknyacom@gmail.com